Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Dirjen Bimas Islam: Puasa Pertajam Spiritualitas Seorang Muslim

Selasa, 13 April 2021 | 21:00 WIB Last Updated 2021-04-15T06:52:14Z

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Prof. Dr. Phil. H. Kamaruddin Amin, MA (Foto: Kemenag.go.id)

JAKARTA - Direktur Jenderal Bimas Islam Prof. Dr. Phil. H. Kamaruddin Amin, MA mengatakan, banyak keistimewaan ibadah puasa yang dilaksanakan oleh seorang muslim. 

Mengutip pernyataan tokoh Sufi Jalaluddin Rumi, Kamaruddin mengatakan salah satu keistimewaan puasa yaitu, dapat meningkatkan kualitas spiritual seorang muslim.


Kamaruddin menukil seorang tokoh Sufi besar abad ke-13, Maulana Jalaluddin Rumi dalam karya Magnum Opus Matsnawi-nya berkata, bahwa puasa adalah hidangan langit, puasa adalah nutrisi jiwa, dan puasa adalah hidangan rohani.


"Puasa akan mempertajam spiritualitas seseorang yang memungkinkan shoimin shoimat untuk menangkap sinyal-sinyal Ketuhanan," kata Kamaruddin saat mengisi ceramah salat tarawih di Masjid Istiqlal, 1 Ramadan 1442 H, Selasa (13/4/2021) malam.


Kamaruddin menambahkan, puasa merupakan pelindung bagi seorang muslim. Puasa, terang dia, senantiasa akan menuntun seorang muslim menjadi insan yang bertakwa.


"Puasa adalah protector, puasa adalah perisai yang akan memproteksi orang-orang yang berpuasa untuk melakukan hal-hal yang tidak diridhoi oleh Allah subhanahuwata'ala,” papar Kamaruddin.


Puasa lanjut Kamaruddin memiliki dua dimensi, dimensi vertikal dan dimensi horizontal. Dimesi vertikal merupakan sarana berkomunikasi dengan Allah subhanahuwata'ala.


“Dan dimensi horizontal sebagai sarana memperbaiki sikap kepada sesama,” tandasnya.*/Fadly

×
Dari JempolKU Beramal+