Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Santri Pesantren Mahasiswa Dai Tebar Paket Buka Puasa Ramadhan

Rabu, 21 April 2021 | 21:25 WIB Last Updated 2021-04-24T02:11:27Z

Aksi kebajikan yang dilakukan mahasiswi/santriwati Pesantren Mahasiswa Dai (Pesmadai) yang digelar di bilangan Ciputat-Parung, Rabu, 21 April 2021 (Foto: Istimewa/ Nasional.news)

JAKARTA - Santri Pesantren Mahasiswa Dai (Pesmadai) melakukan aksi kebajikan dengan membagikan ratusan paket konsumsi untuk berbuka puasa kepada pengguna jalan yang kali ini digelar di bilangan Ciputat-Parung, Rabu (21/4/2021). 

 

Dengan mengusung spirit #SantriMengabdi sebagai hastag penyebarluasan kebajikan ini, para santri Pesmadai tampak begitu semangat berbagi buka puasa di pinggir jalan raya untuk pengendara yang lewat. 


Kegiatan amal tersebut bertitik di Jalan Raya Lintas Ciputat-Parung yang berdekatan dengan kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan di depan asrama Pesmadai Ciputat. 


Sejak sore menjelang maghrib di bawah semburat cahaya langit yang memancarkan sinar keemasan menjelang senja Ciputat, para mahasiswa dan mahasiswi santri Pesmadai ini sudah berjajar di pinggir jalan. 


Mereka tampak begitu sigap menyambut pengendara yang lewat, mereka juga tekun menghampiri langsung mereka yang posisinya kebetulan agak jauh dari bahu jalan untuk menggapai paket bukaan. 


Tak kalah antusias, para pengendara pun begitu semringah menerima takjil yang diulurkan oleh mahasantri. Terlihat senyum syukur dari setiap pengendara yang lewat dan mengambil paket takjil.


Salah seorang santri tim relawan Pesmadai, Ikmal Nurkholis, mengatakan pada kesempatan aksi sore tersebut ada sebanyak 150 paket takjil yang dibagikan. 


Dia merasa amat terharu bercampur bahagia melihat masyarakat yang melewati titik pembagian takjil dengan penuh antusias. 


Mulai dari pengendara ojol, pemulung, pedagang kaki lima, supir angkot, taksi, dan bahkan Transjakarta pun ada yang berhenti sebentar untuk menerima takjil. 


"Semuanya tak luput berterimakasih kepada kami sebagai bentuk syukur”, tutur Ikmal dalam keterangannya kepada Nasional.news, Rabu (21/4/2021). 


Selain itu, santriwati Pesmadai, Dinda Ajeng Dwi Pratiwi, yang juga ikut membagikan takjil berbuka puasa, mengungkapkan bahwa ia terdorong untuk turun ke jalan karena ingin berbagi dan menebar kebaikan kepada sesama saudara. 


Dinda berharap ia dan santri lainnya di Pesmadai bisa terus menjadi wasilah kebaikan dalam berbagi kepada masyarakat yang membutuhkan. 


"Alhamdulillah kegiatannya lancar, senang bisa melihat orang lain bahagia dan saya juga ikut bahagia," ucap Dinda. 

Aksi kebajikan yang dilakukan mahasiswa/santri Pesantren Mahasiswa Dai (Pesmadai) yang digelar di bilangan Ciputat-Parung, Rabu, 21 April 2021 (Foto: Istimewa/ Nasional.news)

Sementara itu, sekretaris Pesmadai, Fatih Husaini, menyatakan bahwa tujuan dari kegiatan bagi-bagi takjil juga untuk menumbuhkan kecintaan pada bulan suci Ramadhan. 


Kata Fahri, mengisi Ramadhan dengan kegiatan yang bermanfaat, tidak hanya untuk santri, tetapi juga masyarakat luas. 


"Ramadhan harus kita jadikan momentum untuk meningkatkan kepekaan dan kepedulian sosial kepada umat," kata Fatih.


Fatih mengatakan, pihaknya menyampaikan terimakasih sebesarnya kepada semua donatur dan semua pihak yang telah membantu Pesmadai sehingga kegiatan ini bisa berjalan dengan baik. 


"Semoga kedepannya bisa berlanjut dan lebih baik lagi,” tutup Fatih yang juga santri Pesmadai pemilik hafalan 5 Juz ini. (ybh/hio)

×
Dari JempolKU Beramal+