Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

BMH Tempuh Medan Sulit 2 Hari 2 Malam untuk Distribusikan Sembako Bingkisan Lebaran

Kamis, 13 Mei 2021 | 09:00 WIB Last Updated 2021-05-14T03:33:12Z


MAHULU - Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung lebih dari satu tahun, dampaknya tidak hanya dirasakan oleh masyarakat perkotaan saja, tetapi juga mengganggu perekonomian warga di wilayah pedalaman, khususnya di Kaltim.

Hal ini didapat dari keluhan warga yang tinggal di wilayah terpencil Kabupaten Mahakam Ulu. 


Da’i Tangguh BMH Kaltim yang bertugas di sana, Ustadz Taufiq mengatakan, dirinya kerap mendapat curhat dari warga terkait kondisi pandemi ini.


“Selama ini saja semua harga barang di sini sangat tinggi, karena distribusinya yang sulit. Seperti sembako, yang ada di sini didatangkan dari Samarinda dengan kapal kayu, dengan waktu tempuh 2 hari 2 malam. Apalagi dengan adanya pembatasan-pembatasan, ini turut berpengaruh pada melonjaknya harga bahan kebutuhan pokok,” ujarnya.


Sekalipun jauh dari keeramaian, penduduk sangat hati-hati, mereka juga khawatir keluar rumah. Bahkan aktivitas dakwah dan mengajar di sana terpaksa dihentikan.


Dirinya menambahkan, melambungnya harga bahan pokok di Mahakam Ulu semakin memberatkan warga karena penghasilan masyarakat di sana juga terganggu. 


"Ada yang terkena pemutusan hubungan kerja, juga sebagian dari masyarakat yang berpenghasilan harian, sulit mencapai pendapatan yang seperti kondisi normal. Jadi, banyak warga di sini yang sangat membutuhkan bantuan,” tuturnya.


Mendengar kisah dari Ustadz Taufiq tersebut, BMH Kaltim berinisiatif memberikan bantuan pemenuhan kebutuhan sembako untuk masyarakat di Mahakam Ulu. 


Penyaluran dilakukan menjelang akhir Ramadhan, dan menyasar masyarakat terdampak Covid-19 di Desa Long Melaham, Kecamatan Long Bagun.


Kepala Divisi Program BMH Kaltim, Muh. Rofiq menjelaskan, dalam penyaluran bantuan paket sembako tersebut, pihaknya juga menyasar para mualaf binaan dai tangguh BMH di Desa Long Melaham. 


"Alhamdulillah BMH memberikan 300 paket sembako, yang penyalurannya dilakukan secara bertahap," kata Rofiq.


“Kemarin kami telah mendistribusikan 100 paket ke Mahulu. Kami berharap, amanah para donatur ini bisa dapat membantu warga binaan di sana dan dapat sedikit meringankan saudara-saudara kami para muallaf,” rincinya.


Kebahagiaan Pejuang Keluarga Terima Bingkisan Lebaran

Selain di Mahulu dan daerah lainnya se-Nusantara, Laznas BMH juga kuatkan layanan dan pengabdian kepada masyarakat di akhir Ramadhan. Terbaru, BMH bagikan bingkisan lebaran untuk pejuang keluarga yang berada di Jabodebek.


"Alhamdulillah, pada hari ini, BMH memberikan kebahagiaan kepada para pejuang keluarga di Jabodebek dengan memberikan bingkisan lebaran. Nama-nama penerima manfaat telah terdata dan diatur jadwal pengambilannya di kantor BMH Pusat yang berada di Kalibata Office Park, Jakarta Selatan," terang Koordinator Program, Fahmi Rahman (11/5).


Para penerima manfaat mengaku bahagia mendapatkan kebaikan berupa bingkisan lebaran ini.


"Alhamdulillah, terimakasih sekali pada BMH. Saat tarikan tidak menentu sebagai driver ojek online, ada kejutan kebahagiaan bingkisan lebaran dari BMH. Terimakasih. Semoga berkah bagi semuanya," ujar Ahmad Fauzi yang sehari-hari mencari nafkah dengan menjadi driver Ojol.


Hal senada disampaikan seorang single parent, Tuti dari Jakarta Selatan. "Terimakasih BMH, ini sangat membahagiakan saya dan anak-anak di rumah," ucapnya sumringah.*

×
Advertisement Link di Sini