Notification

×

Iklan

Iklan

Keren, Proyek Usaha Mikro Mahasiswa ini Sisihkan Sedekah Hasil Usaha

Jumat, 23 Juli 2021 | 20:36 WIB Last Updated 2021-07-23T15:56:51Z


DEPOK - Meskipun belum dalam nominal yang besar, proyek usaha mikro yang digeluti mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Hidayatullah (STIEHID) Depok ini sudah berhasil mendulang laba yang cukup memadai dengan perputaran bisnis yang relatif stabil. 


Bahkan, sebagian jumlah dari hasil usaha mereka tersebut disisihkan sebagai sedekah yang disalurkan melalui Laznas BMH. 


"Alhamdulillah sudah diserahkan sedekah hasil usaha mahasiswa STIE Hidayatullah ke BMH Depok," kata Muhajir Fatahuddin, perwakilan mahasiswa yang menyerahkan sedekah usaha dan diterima BMH di Aula Abdullah Said, Kampus STIE Hidayatullah Depok, Jum'at (23/7/2021).


Project usaha mikro ini sendiri adalah bagian dari pembelajaran mata kuliah Studi Kelayakan Bisnis di semester 4 STIE Hidayatullah Depok. 


Project ini diikuti oleh seluruh mahasiswa semestar empat yang mengikuti mata kuliah Studi Kelayakan Bisnis baik kelas reguler maupun karyawan yang jumlahnya sekitar 70 orang. 


Dosen pengampu mata kuliah Studi Kelayakan Bisnis STIE Hidayatullah, Hafifuddin MM, mengatakan proyek ini untuk melengkapi pembelajaran tatap muka dengan metode praktek langsung agar mahasiswa bisa merasakan langsung bagaimana menginisiasi ide usaha dan cara mengelolanya.


"Para mahasiswa mengelola project usahanya di lokasi asrama dengan grupnya masing masing," kata Hafifuddin seraya menambahkan bahwa project usaha mikro mahasiswa ini dimulai sejak tanggal 25 Juni.


Dia menjelaskan, peserta dibagi 15 kelompok dan masing masing membuat ide bisnis mikro. Artinya, ada 15 produk mikro yang berbeda. 


Mereka juga membuat perencanaan bisnis yang detail dan penuh kecermatan dengan budget maksimal 500 ribu perkelompok. 


Mahasiswa juga menyusun proses pembuatan produk dan strategi pemasarannya, serta memonitor pelaksanaan usaha yang dijalankan selama 2 minggu dengan memperhatikan produksi, penjualan dan pencatatan keuangan. 


Setelah proyek selesai tiap grup membuat laporan usaha dimana sebagian laba/grup disedekahkan dengan jumlah yang disepakati kelompok.

×
Advertisement Link di Sini