Notification

×

Iklan

Iklan

Masa Pandemi, Pemkab Kutai Timur Prioritas Majukan UMKM

Minggu, 03 Oktober 2021 | 15:00 WIB Last Updated 2021-10-03T23:54:37Z

Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman (Foto: Pro Kutim)

SANGATTA - Pemerintah Kabupaten Kutai Timur terus meneguhkan prioritas komitmennya untuk mendorong dan memajukan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ditengah masa pandemi covid-19 yang belum sepenuhnya pulih. 


"Seperti yang saya bilang kan, kenapa diperioritaskan karena ini produk masyarakat kita juga, kalau mereka sejahtera kita juga yang senang," kata Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman dalam keterangannya, Ahad (3/10/2021).


Diketahui, UMKM menjadi program unggulan Bupati dan Wakil Bupati Kutim, Ardiansyah Sulaiman-Kasmidi Bulang (ASKB) di masa pandemi Covid-19 ini.


Ardiansyah membeberkan tujuh program unggulannya dengan Kasmidi Bulang yang mana salah satu yang menjadi perioritas adalah mensejahterakan UMKM.


Beberapa fasilitas yang telah dilakukan oleh pemerintah untuk mensejahterakan UMKM, seperti memberikan berbagai bantuan baik yang bersumber dari APBN, dari pemerintah provinsi juga pemerintah Kutim sendiri.


"Iya jadi segala cara sudah kita lakukan, kita fasilitasi dengan beberapa bantuan, misalnya bantuan modal, baik yang bersumber dari APBN dan ada juga yang kalau tidak salah dari provinsi dan kita akan menyiapkan modal di Kutai Timur sendiri," kata Ardiansyah.


Selain itu saat ini, dirinya telah berencana untuk mendirikan bank perkreditan rakyat yang mana diperuntukkan bagi masyarakat Kutai Timur yang memerlukan dana.


Meski menyasar pada UMKM tapi nyatanya dirinya mengizinkan masyarakat lain dengan kriteria atau persyaratan yang ditentukan untuk meminjam.


"Saya tidak menyebutkan hari ini ya, tapi untuk tahun depan yang bank itu. Mengapa demikian karena program saya baru mulai berjalan pada tahun 2022 mendatang," bebernya.


Telah berjalan sejak dilantik pada Februari 2021 lalu, bantuan sosial terus dilakukan termasuk melibatkan pihak ketiga atau swasta.*/Abdul Sakar

×
Advertisement Link di Sini