Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa Program PMKM Unpam Berbagi Inspirasi Menabung Sejak Dini

Rabu, 24 November 2021 | 21:03 WIB Last Updated 2021-11-24T14:07:08Z


BANTEN - Sekolah Dasar (SD) Islam Kaffah, Buaran, Tangerang Selatan, Provinsi Banten, berupaya menanamkan budaya positif salah satunya melalui gerakan kreatifitas menumbuhkan kesadaran menabung sejak dini kepada peserta didiknya. 


Upaya SD Islam Kaffah tersebut dilakukan dengan menggandeng mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang (Unpam) yang sedang menjalani tugas Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (PMKM). 


Ketua Kelompok II PMKM Unpam, Nurkholis, mengatakan melalui kegiatan PMKM ini, pihaknya selaku mahasiswa Universitas Pamulang ingin menanamkan rasa gemar menabung pada anak yang bercermin pada kata bijak "rajin pangkal pandai, hemat pangkal kaya". 


"Ungkapan bijak ini mestinya mulai kita tanamkan kepada anak-anak sejak usia dini, kepada mereka kita ajarkan hidup hemat dengan cara menabung agar pola konsumtif yang tidak bermanfaat dapat dikurangi," kata Nurkholis dalam keterangannya kepada kanal Kampus Nasional.news, Rabu (24/11/2021). 


Dalam kesempatan program PMKM ini, Nurkholis yang turut dibersamai anggotanya yaitu Renika Fatmawati, Sumarani, dan diampu dosen pendamping Widayat, SE,.MM, ini berbagi kiat dan pengetahuan tentang apa itu menabung dan seberapa pentingnya menabung sejak dini. 


Pihaknya juga memberikan materi tentang cara menabung sejak usia dini dan juga memaparkan berbagai kiat serta memberi motivasi mengenai tujuan dan manfaat dari menabung sejak dini.


"Dalam upaya memotivasi anak-anak agar gemar menabung sejak usia dini, maka kami memberikan kegiatan tambahan berupa menghias celengan. Dengan celengan yang sudah dihias sendiri diharapkan dapat menambah minat anak-anak untuk menabung," kata Nurkholis. 


Renika menambahkan, kegiatan menghias celengan ini dilakukan bersama-sama dengan anak-anak dengan mewarnai sketsa gambar yang sudah mereka siapkan. Setelah selesai mewarnai, mereka menempalkan hasil mewarnai itu dicelengan yang sudah disediakan.  


"Menabung merupakan salah satu kegiatan mengumpulkan uang secara terus menerus untuk mencapai tujuan tertentu. Menabung merupakan kegiatan yang perlu dipupuk sejak dini, karena melatih menabung bagi anak-anak akan memberikan dampak positif untuk kehidupan mendatang," kara Renika. 



Dalam kesempatan tersebut, Sumarani juga menjelaskan pentingnya membangun budaya menabung sejak dini. Selain untuk membangun kultur agar dapat menahan diri dari berbagai keinginan, juga mendorong anak selalu berhemat. 


"Menabung bagi anak-anak bisa dimulai dari hal-hal kecil seperti menyisihkan sebagian uang jajannya yang kemudian dimasukan ke dalam celengan. Anak-anak dengan sendirinya mulai belajar berhemat dan bertanggung jawab dalam memegang uang," kata Sumarani. 


Menurutnya, jika sewaktu di taman kanak-kanak anak masih sering jajan dan menghabiskan uang saku yang didapatnya, maka dikala ia memasuki Sekolah Dasar (SD) orang tua mulai dapat mengajari mereka untuk menabung. 


Didorong oleh semangat menumbuhkan kesadaran pentingnya menabung sejak dini, ketiga mahasiswa Universitas Pamulang ini tergerak untuk melakukan edukasi tentang membudayakan gemar menabung sejak usia dini.


Kegiatan yang berlangsung secara intensif sehari di komplek Sekolah Dasar Islam kaffah, Jalan Gang Benosa No.103, Buaran, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten, ini menyasar anak-anak kelas 3 SD sebanyak 15 orang anak.


Kegiatan PMKM ini dilaksanakan pada tanggal 26 Oktober 2021, pukul 10.00 WIB, yang dilaksanakan secara tatap muka dengan penerapan protokol kesehatan ketat. 


Di akhir kegiatan, peserta menempelkan gambar hasil karya mereka di celengan masing masing lalu dipilih oleh mahasiswa program PMKM Unpan sebagai inisiator kegiatan untuk menentukan pemenang sebanyak 3 orang anak. Acara ditutup dengan pembagian snek yang disambut gembira oleh anak anak.

×
Advertisement Link di Sini