Notification

×

Iklan

Iklan

La Nyalla Mattalitti Peroleh Gelar Sangia Ambona Wawoangi dari Kerajaan Muna

Sabtu, 20 November 2021 | 14:33 WIB Last Updated 2021-12-01T05:40:29Z

Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti didampingi Bupati Muna LM Rusman Emba dalam acara penobatan gelar kehormatan oleh Kerajaan Muna "Sangia Ambona Wawoangi" itu diberikan Lembaga Adat Muna di di Barugano Wuna, Kabupaten Muna, Sabtu, 20 November 2021 (Foto: Istimewa/ Nasional.news)

MUNA - Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti yang juga menjadi diberi gelar kehormatan oleh Kerajaan Muna. Gelar Sangia Ambona Wawoangi itu diberikan Lembaga Adat Muna yang tertuang dalam Piagam Adat bernomor 001/LAM/XI/2021. 


Piagam tersebut dicap dan ditandatangani Raja Muna Paduka Yang Mulia (PYM) Laode Sirad Imbo. Anugerah gelar kehormatan adat ini diberikan di Barugano Wuna pada Sabtu (20/11/2021). 


Saat menyampaikan pidatonya, La Nyalla Mattalitti mengucapkan terimakasihnya atas gelar kehormatan ini. Mantan ketua PSSI ini bersyukur bisa bersilaturahmi dengan keluarga besar kerajaan Muna. 


Apalagi, menurut Ketua Dewan Pembina Majelis Adat Kerajaan Nusantara (MAKN) ini, kerajaan Muna merupakan salah satu yang terbesar di Sultra yang berdiri sejak 1371 Masehi. 


"Terlebih sejarah perjalanannya tercatat sejumlah perlawanan terhadap VOC dan Belanda yang dimulai pada era kekuasaan Raja Laode Pulu tahun 1914-1918," kata La Nyalla. 


Bupati Muna LM Rusman Emba menyebut La Nyalla punya kematangan ilmu maupun finansial. Mantan senator DPD RI ini berharap bisa berguru dalam hal pengembangan karakter dan kepemimpinan dalam rangka memajukan daerah khususnya Muna. 


"Sangia Ambona Wawoangi punya tiga akar kata dengan makna yang berbeda. Sangia bermakna pemimpin yang dihormati, arif, bijaksana dan dicintai. Sementara Ambona diambil dari gelar Raja Ketiga Muna yaitu Sugi Ambona," jelas Rusman perihal gelar tersebut. 


Rusman menambahkan, kata Ambona berasal dari bahasa Bugis Makassar yang bermakna ayahnya. "Kaitannya dengan itu karena La Nyala Mattalitti masih mengalir darah Bugis Makassar dalam raganya," kata Rusman. 


Kemudian, lanjut Rusman, wawoangi merupakan bahasa Muna dan Buton dengan arti timur. Pada hakekatnya, jelas dia, timur ini terkait dengan kedudukan La Nyala Mattalitti sebagai ketua dewan pembina raja dan sultan nusantara yang diberi gelar Datuk Yang Dipertuan Kunjungan Negeri Nusantara di Sumedang pada festival adat Nusantara tahun 2021.

×
Advertisement Link di Sini