Alhamdulillah, 7052 Paket Buka Puasa Berkah BMH Berdayakan UMKM

Related Articles

BALIKPAPAN – Hingga memasuki hari ke-10 Ramadhan, BMH Kaltim telah mendistribusikan paket buka puasa kepada sedikitnya 7.052 penerima manfaat yang turut berdampak terhadap pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Kepala Divisi (Kadiv) Program dan Pendayagunaan BMH Kaltim M. Rofiq mengatakan dalam program ini ada multiplier effect atau kemanfaatan ganda yang bisa dirasakan beragam lapisan masyarakat.

Misalnya, kata Rofiq, untuk pengadaan makanan berbuka puasa, BMH memesan dari UMKM khususnya yang menjadi binaan BMH Kaltim. Dalam pendistribusian, BMH melibatkan jasa ojek.

“Dalam keterlibatan program, semaksimal mungkin kami memberdayakan banyak pihak. Jadi ada dampak maslahat yang dirasakan dari hulu ke hilir, dari pemesanan, pendistribusian hingga sampai ke penerima manfaat terakhir,” ujar Rofiq dalam keterangannya kepada Kaltim.news (Nasional News Network), Kamis (14/4/2022).

Pihaknya berharap di Bulan Ramadhan ini program-program BMH bisa memberikan keberkahan kepada semua pihak khususnya UMKM binaan dan warga yang masih merasakan dampak pandemi.

“Dengan distribusi itu, amanah donasi dari para donatur dan masyarakat sejauh ini telah diwujudkan dalam bentuk makanan berbuka dan telah dinikmati oleh ribuan masyarakat,” kata Rofiq.

Rofiq menambahkan seraya menyampaikan rasa syukur Alhamdulillah dan terima kasih atas dukungan semua pihak atas program buka puasa berkah ini.

Dia menyebutkan kegiatan ini menjadi salah satu program unggulan BMH di seluruh jejaring BMH di Kalimantan Timur baik di Balikpapan, Samarinda, Kukar, Bontang, Berau hingga Pedalaman Mahakam Ulu.

Sasaran Penerima

Untuk diketahui, pendistribusian Paket Buka Puasa Berkah BMH menyasar ke berbagai latar belakang, mulai dari santri dan penghapal Qur’an di pesantren-pesantren, anak yatim piatu di panti-panti asuhan, komunitas tunanetra, kelompok tani binaan, jompo dan lansia,

Program ini juga menyasar masyarakat rentan terdampak pandemi, pemulung, nelayan, pengguna dan penyapu jalan dan warga dhuafa lainnya hingga muallaf di pedalaman kaltim seperti di Kabupaten Mahakam Ulu dan Kutai Barat.

“Insya Allah, program Buka Puasa Berkah ini terus berlanjut hingga akhir Ramadhan,” kata Rofiq

BMH pun membuka peluang donasi dan mengajak para dermawan yang memiliki kelapangan rezeki untuk ambil bagian dalam program ini dan bisa mengamanahkannya kepada BMH Kaltim, selaku lembaga amil zakat nasional (Laznas) terpercaya.*/Deden Sugianto

More on this topic

Comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Advertismentspot_img

Popular stories