BMH Bantu Santri Masjid Ahmad Patumbak dengan Mushaf Baru

by Admin

DELI SERDANG – Lembaga Amil Zakat Nasional Baitulmaal Hidayatullah (Laznas BMH) Sumatera Utara mendistribusikan sedikitnya 35 buah mushaf Al Quran dan Iqro baru untuk santri di Masjid Ahmad yang berada di perbatasan Sigaragara tepatnya di Desa Patumbak Kampung, Kecamatan Patumbak, Kabupaten Deli Serdang, belum lama ini.

Kadiv Program dan Pendayagunaan BMH Sumut, Andi Lukman Muthalib, mengatakan bantuan ini diberikan untuk mendukung santri agar semakin semangat belajar dan menghafal Al Quran.

“Diharapkan, Al Quran ini bisa digunakan sebaik mungkin, serta memberikan banyak manfaat untuk para santri maupun guru ngaji,” kata Lukman dalam keterangannya kepada media Nasional, Selasa (20/9/2022).

Kedatangan tim BMH yang membawa bantuan tersebut disambut antusias para santri dan guru. Kebahagiaan nampak terlihat saat puluhan Al Quran diberikan kepada mereka.

“Santri yang belajar di sini sangat layak menerima bantuan Al Quran ini, pasalnya tidak semua santri punya Qur’an dan juga karena kebanyakan Quran dan buku Iqro mereka sudah lusuh. Sudah saatnya diganti yang baru,” kata Lukman.

Ditambahkan oleh Ibu Ariyani, guru yang rutin mengajar santri di sini bahwa mereka tidak semua punya Qur’an. “Jadi mereka gantian, saling pinjam lah,” katanya.

Ariyani berharap, semoga dengan adanya mushaf Al Quran ini bisa meningkatkan semangat belajar dan hafalan Al Quran mereka.

Ariyani menambahkan, selama ini mereka mengaji di rumah yang sekira sudah tahunan lamanya. Atas permintaan DKM Masjid Ahmad, tempat kegiatan belajar mengaji pun menggunakan masjid.

“Harapannya agar masjid ini makin makmur. Semua santri tidak kami pungut bayaran. Hampir semua mereka keluarga yang kurang mampu,” tandas Ariyani penuh semangat.

Ada sebanyak 51 anak dari tingkat prasekolah hingga SMP yang belajar mengaji di masjid ini. Rutinitas mereka belajar dari pukul 14:30 – 18:30 waktu setempat selama 5 hari dalam sepekan.

Lukman menyampaikan terima kasih kepada para donatur yang telah memberikan Mushaf Al Quran dan Iqro kepada santri melalui BMH Sumut. Insya Allah, terangnya, bantuan ini sangat berarti dan bermanfaat luas untuk mendukung lahirnya generasi yang cerdas dan taqwa.

“Semoga melalui Al-Qur’an ini bisa menjadi amal jariyah bagi donatur yang telah bersedia menyisihkan sebagian harta terbaiknya mereka,” tutup Lukman.

You may also like

Leave a Comment