Lainnya
    Advertisement

    Cara Membedakan PDF Asli dan APK di WhatsApp

    Baca Juga

    - Advertisement -

    Aplikasi WhatsApp, sebagai platform pesan instan terbesar di dunia, semakin sering digunakan untuk mengirim undangan acara dengan format PDF. Namun, maraknya file PDF Android Package Kit (APK) yang mengandung virus dapat mengecoh pengguna yang kurang paham modus penipuan. Bagi mereka yang mudah panik, membedakan antara PDF asli dan palsu bisa menjadi tugas sulit.

    Cara Membedakan PDF Asli dan APK di WhatsApp

    Format File: PDF dan APK

    Sebelum kita membahas cara membedakan PDF asli dan palsu, mari kita pahami apa itu Portable Document Format (PDF) dan Android Package Kit (APK). PDF adalah format file untuk merepresentasikan dokumen dua dimensi, sedangkan APK adalah file untuk menginstal perangkat lunak di Android.

    - Advertisement -

    Namun, modus penipuan semakin canggih. Penipu bisa dengan mudah mengganti nama berkas dan menambahkan akhiran PDF pada file APK, sehingga tampilannya ketika dikirim terlihat seolah-olah PDF asli.

    Penipuan dengan File APK

    Sebelumnya, penipuan menggunakan format file APK telah dilakukan dengan berbagai modus, seperti modus kurir paket, undangan pernikahan, dan pembayaran lalu lintas elektronik. File yang dikirim oleh penipu mengandung program Remote Access Trojan (RAT). Korban yang menginstal file tersebut tanpa menyadari memberikan akses kepada penyerang untuk mengontrol perangkat.

    Contohnya, penipu bisa berpura-pura menjadi calon pembeli, menghubungi penjual melalui WhatsApp, dan mengirim file PDF yang sebenarnya berisi program berbahaya. Begitu penjual mengklik file tersebut, akunnya dapat diretas.

    Cara Membedakan PDF Asli dan APK di WhatsApp

    1. Preview Dokumen
      • PDF Palsu: Tidak ada preview yang terlihat.
      • PDF Asli: Ada preview yang dapat dilihat di ruang obrolan.
    2. Logo PDF
      • PDF Palsu: Logo PDF tidak berwarna merah, melainkan abu-abu.
      • PDF Asli: Logo PDF berwarna merah.
    3. Ekstensi Nama File
      • PDF Palsu: Nama file berhuruf besar.
      • PDF Asli: Tidak ada huruf kapital pada ekstensi (.pdf).
    4. Ukuran Dokumen
      • PDF Palsu: Berukuran besar, tanpa detail dokumen.
      • PDF Asli: Lebih kecil namun dengan lebih banyak detail.

    Untuk menghindari risiko, selalu berhati-hati saat menerima file PDF. Pastikan untuk memeriksa preview, warna logo, huruf kapital pada ekstensi, dan ukuran dokumen. Keamanan data Anda adalah prioritas utama.

    - Advertisement -
    - Advertisement -spot_img
    - Advertisement -spot_img

    Baca Terbaru

    Iklan Layanan Masyarakatspot_img

    Sayang Dilewatkan

    - Banner Advertisement -spot_img