Advertisement

Menjelang Lebaran Idul Fitri, Ingat Sukiman Wirjosandjojo Pencetus THR Pertama di Indonesia

Baca Juga

- Advertisement -

SELAMAT datang dalam perjalanan melalui sejarah yang menginspirasi dan penuh makna! Hari Raya Idul Fitri, momen suci yang ditunggu-tunggu, tidak hanya memberikan kegembiraan spiritual, tetapi juga dikenal dengan tradisi pemberian Tunjangan Hari Raya (THR).

sukiman bapak thr
Sukiman Wirjosandjojo, sosok pencetus THR di Indonesia (Foto: Dok/ wikipedia)

Namun, apakah Anda tahu siapa tokoh di balik inisiatif bersejarah ini? Mari kita kenali lebih dalam tentang salah satu pemimpin yang berpengaruh dalam sejarah politik Indonesia, yakni Sukiman Wirjosandjojo.

Sukiman Wirjosandjojo, seorang tokoh politik yang memiliki dampak besar dalam kehidupan politik Indonesia, lahir pada tanggal 19 Juni 1898 di Surakarta. Dia bukan hanya seorang politikus, tetapi juga seorang pemimpin yang memperjuangkan kesejahteraan rakyatnya.

- Advertisement -

Pendidikan Sukiman dari Universitas Amsterdam dan School tot Opleiding van Inlandsche Artsen menunjukkan komitmen dan keberanian dalam mengejar pengetahuan.

Jejak Kepemimpinan Sukiman

Sebagai Perdana Menteri Indonesia keenam yang menjabat antara 27 April 1951 hingga 3 April 1952 dalam Kabinet Sukiman-Suwirjo, Sukiman tidak hanya menempatkan Indonesia dalam panggung dunia, tetapi juga memperjuangkan kesejahteraan rakyatnya di tingkat nasional.

Salah satu kebijakan Sukiman yang sangat berkesan adalah pemberian Tunjangan Hari Raya kepada para abdi negara menjelang Idul Fitri.

Ketika menjabat sebagai Perdana Menteri, Sukiman Wirjosandjojo memberikan bonus besar serta tunjangan beras kepada pegawai, sebagai ungkapan kepedulian terhadap kesejahteraan mereka.

Keputusan tersebut bukan hanya mengindikasikan kepemimpinan Sukiman yang bijaksana, tetapi juga menunjukkan perhatian yang mendalam terhadap rakyatnya.

Pemberian THR ini selain menjadi tradisi juga menjadi inspirasi bagi pemimpin masa kini untuk senantiasa memprioritaskan kesejahteraan masyarakat dalam kebijakan-kebijakan mereka.

Inspirasi dari Kebijakan THR Sukiman

Meskipun waktu terus berjalan, dampak dari kebijakan Sukiman Wirjosandjojo masih terasa hingga saat ini. Pemberian THR telah membawa manfaat yang besar bagi kesejahteraan masyarakat, menandai jejak penting dalam sejarah Indonesia.

Semangat kepedulian dan keberanian Sukiman tidak hanya dikenang sebagai bagian dari sejarah, tetapi juga sebagai sumber inspirasi bagi kita semua untuk terus berbuat yang terbaik bagi masyarakat.

Sukiman Wirjosandjojo tidak hanya merupakan seorang pemimpin politik, tetapi juga seorang visioner yang memperjuangkan kesejahteraan rakyatnya.

Kebijakannya dalam memberikan THR telah mengukir nama beliau dalam lembaran sejarah Indonesia. Mari kita kenang dan teruskan semangatnya, untuk membangun masa depan yang lebih baik bagi negeri ini. Mari kita teruskan semangat kebaikan dan inspirasi dari Sukiman Wirjosandjojo, untuk Indonesia yang lebih baik!

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Baca Terbaru

Iklan Layanan Masyarakatspot_img

Sayang Dilewatkan

- Banner Advertisement -spot_img