Menopang Pembangunan Negeri dengan Membangun Manusia yang Positif

Related Articles

SAMPAI hari ini keterbelahan masih terus terjadi. Ada garis demarkasi yang amat tajam antara satu kubu dengan kelompok lainnya. Akibatnya, pembangunan bangsa dan negeri ini mengalami perlambatan.

Tentu saja, tanggung jawab pembangunan ada di pundak pemangku amanah rakyat baik itu legislatif maupun eksekutif. Namun, bukan berarti masyarakat sipil berlepas diri dan masa bodoh.

Peran masyarakat sipil dalam membangun negara sangat penting. Beberapa peran yang dapat dilakukan oleh masyarakat sipil dalam membangun negara diantaranya:

Partisipasi dalam pembuatan kebijakan: Masyarakat sipil dapat memberikan masukan dan opini dalam pembuatan kebijakan yang akan diterapkan oleh pemerintah.

Pendidikan: Masyarakat sipil dapat memberikan pendidikan dan pelatihan kepada masyarakat lain, sehingga masyarakat dapat memahami dan ikut serta dalam proses pembangunan.

Advokasi: Masyarakat sipil dapat melakukan advokasi terhadap pemerintah dan pihak lain untuk memperjuangkan hak-hak masyarakat dan memberikan dukungan terhadap program pembangunan yang diterapkan oleh pemerintah.

monitoring dan evaluasi: Masyarakat sipil dapat melakukan monitoring dan evaluasi terhadap program pembangunan yang diterapkan oleh pemerintah untuk mengetahui efektivitas program tersebut.

Pendampingan: Masyarakat sipil dapat memberikan pendampingan pada masyarakat yang kurang mampu dan membutuhkan bantuan serta memberikan dukungan untuk pembangunan ekonomi masyarakat

Penyedia Informasi: masyarakat sipil dapat memberikan informasi yang benar dan akurat seputar pembangunan yang sedang berlangsung.

Gerakan Sosial: Masyarakat sipil dapat membentuk gerakan sosial yang berfokus pada pembangunan, seperti gerakan lingkungan hidup, gerakan pendidikan, dll.

Peran masyarakat sipil sangat penting dalam membangun negara karena masyarakat sipil dapat memberikan masukan, dukungan, serta memberikan pendidikan dan pelatihan kepada masyarakat lain sehingga dapat ikut serta dalam proses pembangunan negara.

Di sisi lain, upaya masyarakat sipil ini perlu ditopang oleh pemerintah diantaranya dengan menciptakan keadaan yang kondusif untuk investasi, dengan cara meningkatkan infrastruktur dan menciptakan iklim usaha yang aman.

Pemerintah juga harus meningkatkan kualitas pendidikan dan pelatihan, sehingga masyarakat memiliki keterampilan yang diperlukan untuk bekerja di sektor-sektor yang menjanjikan.

Pemerintah pun harus meningkatkan kualitas jasa kesehatan dan memberikan perlindungan sosial yang memadai, sehingga masyarakat dapat bekerja dengan sehat dan produktif.

Pemerintah mesti juga berupaya dengan sungguh sungguh meningkatkan kualitas lingkungan hidup, sehingga masyarakat dapat tinggal dan bekerja di lingkungan yang sehat.

Selain itu, pemerintah memiliki tanggung jawab meningkatkan kualitas jasa pemerintahan, sehingga masyarakat dapat mempercayai pemerintah dan bekerja sama dengan pemerintah untuk membangun negara.

Di sisi lainnya, pemerintah harus pula meningkatkan kualitas jasa perdagangan dan investasi, sehingga Indonesia dapat meningkatkan ekspor dan menarik investasi asing. Di waktu yang sama, pemerintah harus meningkatkan kualitas jasa pariwisata, sehingga Indonesia dapat meningkatkan devisa dari pariwisata.

Memang kerja pembangunan ini tidak sederhana, ia menghendaki adanya sinergi dan kesadaran bersama tidak saja sipil, melainkan juga pemerintah. Pemerintah harus memberikan infrastruktur yang baik, memberikan pelayanan publik yang baik, memberikan pendidikan dan pelatihan yang baik, serta memperhatikan kesejahteraan masyarakat untuk membangun Indonesia.

Membangun jiwa

Sejatinya, untuk menjadi sebuah bangsa, sebuah negeri, atau menjadi umat yang maju, haruslah dimulai dari membangun jiwa dan memantapkan tumbuh baiknya raga manusia terlebih dahulu. Ini mutlak, sebab manusia adalah penggerak utama kehidupan dan peradaban.

Membangun jiwa dan raga adalah proses memperbaiki diri secara keseluruhan, baik dari segi mental maupun fisik. Ada beberapa kiat yang dapat dilakukan untuk membangun jiwa dan raga, diantaranya dengan olahraga.

Jangan sepelekan, melakukan olahraga secara teratur itu dapat membantu meningkatkan kesehatan fisik dan mental serta meningkatkan mood. Kemudian, konsumsi makanan sehat dan bergizi, sebab dengan begitu ia dapat membantu menjaga kesehatan fisik.

Yang tak kalah penting, lakukan istirahat yang cukup. Dengan mendapatkan istirahat yang cukup dapat membantu menjaga kesehatan fisik dan mental.

Dan, jangan lupa kuatkan aspek spiritual, jika Anda seorang muslim, lakukan ibadah wajib dan sunnah. Atau jika Anda non muslim, lakukan meditasi atau yoga. Melakukan meditasi atau yoga dapat membantu menenangkan pikiran dan meningkatkan konsentrasi.

Untuk menjadi pribadi yang memiliki jiwa dan raga yang sehat, Anda juga bisa melakukan refleksi terapi. Dengan menjalani terapi dapat membantu mengatasi masalah mental dan meningkatkan kesejahteraan mental. Lakukan juga kegiatan sosial sebab dengan berinteraksi dengan orang lain dapat membantu meningkatkan kesejahteraan mental dan sosial.

Anda juga bisa belajar atau mengejar hobi, ini penting untuk kesehatan jiwa dan raga. Belajar atau mengejar hobi dapat membantu meningkatkan kesejahteraan mental dan meningkatkan kreativitas.

Untuk membangun jiwa dan raga, diperlukan kombinasi dari beberapa aspek yaitu fisik, mental dan spiritual, dengan tetap memperhatikan kesehatan fisik dan mental serta menjaga keseimbangan antara kedua aspek tersebut.

Anda juga perlu menjaga rutinitas dengan mengatur jadwal harian dan menjaga rutinitas dapat membantu meningkatkan kesejahteraan mental dan menjaga keseimbangan dalam hidup.

Jangan lupa untuk menghargai diri sendiri dan menerima kekurangan diri sendiri dimana ini dapat membantu meningkatkan kesejahteraan mental dan meningkatkan rasa percaya diri.

Menjadi pribadi positif

Dar rangkaian kiat tersebut di atas, diharapkan akan melahirkan pribadi yang tenang, baik, dan positif. Membangun pribadi positif adalah proses untuk meningkatkan kepercayaan diri dan mengembangkan sifat-sifat positif dalam diri. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membangun kepribadian yang positif:

Menetapkan tujuan: Menetapkan tujuan yang jelas dapat membantu mengarahkan energi dan usaha untuk mencapai sesuatu yang diinginkan.

Positif Thinking : Berpikir positif dapat membantu mengatasi masalah dan meningkatkan rasa percaya diri.

Belajar dari kesalahan: Belajar dari kesalahan dapat membantu meningkatkan pemahaman diri dan meningkatkan kemampuan untuk mengatasi masalah.

Menolong orang lain : Memberikan dukungan dan bantuan kepada orang lain dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri dan meningkatkan rasa bahagia pribadi.

Untuk menjadi pribadi yang positif, hal itu harus berangkat dari kesadaran diri. Tak bisa ia lahir dari luar, atau semata karena adanya motivasi di luar diri Anda. Ia hanya tumbuh dengan adanya dorongan dari dalam.

Dorongan dari dalam adalah keinginan atau motivasi yang datang dari dalam diri seseorang untuk melakukan sesuatu. Dorongan dalam dapat membantu seseorang untuk mencapai tujuan dan mengatasi hambatan yang dihadapinya.

Untuk meningkatkan dorongan dalam diperlukan komitmen dan usaha untuk meningkatkan kepercayaan diri dan mengembangkan sifat-sifat positif dalam diri dengan menggabungkan beberapa cara seperti menetapkan tujuan, membuat rencana, menghargai diri sendiri, dan sebagainya.

Selamat menjadi pribadi yang positif, untuk kuatnya negeri, terbangunnnya bangsa Indonesia menjadi negara yang maju, adil, dan makmur penuh berkah. Baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur.*/Fiqih Ulyana

More on this topic

Comments

Advertismentspot_img

Popular stories