More
    Advertisementspot_img
    Kamis, September 21, 2023

    Pengembangan Potensi Ekonomi Umat Bisa Dilakukan Kolosal

    JAKARTA – Anggota Komisi XI DPR RI Kamrussamad mengatakan dengan jumlah 87,2% persen penganut Islam dari populasi seluruh masyarakat Indonesia dan peringkat 4 dunia dalam sektor pengembangan keuangan syariah, Indonesia sejatinya dapat semakin mengembangkan potensi ekonomi umat secara kolosal atau serempak.

    “Namun, untuk menuju ke sana tentu perlu menumbuhkan kesadaran masyarakat dengan melakukan transformasi ilmu, nilai, dan gagasan berkenaan dengan ekonomi Islam,” Kamrussamad di acara seminar dalam rangkaian Rapat Pimpinan (Rapim) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Administrasi Jakarta Barat di Hotel Fave Puri Kembangan, Jakarta, Selasa (14/6/2022).

    Kamrussamad menerangkan, dalam upaya tersebut, umat juga mesti dilibatkan secara langsung dengan apa yang disebut dengan ekonomi sirkular (closed loop economy) sebagai gerakan penguasaan rantai pasok hingga distribusi secara terintegrasi dari hulu hingga hilir yang digerakkan langsung oleh umat bahkan dapat dilakukan mulai dari level terkecil seperti komunitas pengajian, majelis taklim, organisasi, perhimpunan, dan dalam skala yang lebih besar yang didukung negara.

    Menurutnya, Majelis Ulama Indonesia (MUI) sebagai lembaga yang mewadahi para ulama, zuama, dan cendekiawan Islam untuk membimbing, membina, dan mengayomi umat Islam di Indonesia, memiliki peran strategis dalam mengembangkan ekonomi umat yang dimulai dari gerakan penyadaran ini.

    “Solusi closed loop economy menjadikan umat sebagai pelaku utama pasar dan ekosistem besar yang mengasaskan gerakan kemandiriannya dengan prinsip dari kita untuk kita. Di waktu yang sama semangat keswadayaan dan keswasembadaan menjadi hal fundamen,” jelasnya.

    Lebih jauh Kamrussamad menjelaskan masalah ekonomi sejatinya telah menjadi perhatian Nabi Muhammad SAW, bahkan umat Islam diperintahkan berdoa terhindari dari kefakiran atau kemiskinan karena ia “sangat dekat dengan kekafiran”. Hal itu sebagaimana dalam hadits diriwayatkan Ibnu Majah dan Hakim dari Abu Hurairah.

    Di sisi lain, ekonomi Islam sejatinya bertujuan merealisasikan kemanfaatan untuk umat manusia (mashalih al-‘ibad) baik urusan dunia maupun urusan akhirat sebab pada dasarnya tidak ada satupun ketentuan dalam syariah yang tidak bertujuan untuk menghadirkan kebaikan dimana syariah bertujuan menjaga agama (hifdzun ad-diin), dan menjaga jiwa (hifdzun an-nafs).

    Menurutnya, problem klasiknya adalah masalah sumberdaya manusia yang dihimpit oleh mekanisme yang belum sepenuhnya berpihak pada pengembangan ekonomi ummat disamping belum adanya sistem kesadaran kolektif.

    “Semoga dengan seiring tumbuhnya kesadaran akan potensi ekonomi ini, umat semakin maju dan Indonesia dapat menjadi episentrum kebangkitan ekonomi Islam sebagai role model bagi dunia,” tandasnya.

    Rapat Pimpinan Majelis Ulama Indonesia Kota Administrasi Jakarta Barat digelar di Hotel Fave Puri Kembangan dengan peserta para ketua dan sekretaris bidang. Hadir pada acara tersebut, Walikota Jakarta Barat Yani Wahyu Purwoko, Askesmas Amin Haji, Sekretaris Umum MUI Jakbar KH. Syurohbiel Mahfudz Lc,MA., dan Bendahara Umum H. Anas Efendi, SH,MM.

    ANCHAL STEWART

    Berita Terkait

    Ditjenpas Gandeng IMS Dirikan Ponpes Pertama di Lapas Nusakambangan

    CILACAP - Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak...

    Langkah Strategis Kemenkeu Dukung Percepatan Pembangunan Infrastruktur

    JAKARTA – Salah satu tantangan yang kerap muncul dalam...

    Suhardi Siap Nyalon DPD RI Sulteng pada Pileg 2024, Usung Visi Mengabdi

    TOLITOLI - Tokoh muda asal Kabupaten Tolitoli, Suhardi, S.Th.I,...

    Rasfiuddin Wakili Pesmadai Terima Anugerah Best Of The Best Education Award 2022

    JAKARTA - Kepala Departemen Pendidikan Pesantren Mahasiswa Dai (Pesmadai)...

    Newsletter

    Advertisementspot_img

    Baca Juga

    Buka Puasa Berkah, BMH Kaltim Sebat Takjil Berkah on The Road

    BONTANG - Menandai awal Ramadhan 1443 H, BMH Kaltim...

    Hati hati, Ditemukan Zat Pemicu Kanker pada Indomie Rasa Ayam Spesial

    TAIPEI - Harap waspada dan hati hati dalam mengkonsumsi...

    Berhadiah 3,7 M, IEM Fall Akan Kembali ke Sydney Australia!

    Jakarta -- Turnamen IEM Fall 2023 akan kembali ke Sydney Australia...

    Perancis Masih Terbakar, Jam Malam Diberlakukan

    Jakarta -- Masyarakat Perancis melakukan protes besar-besaran setelah insiden...

    Tahun 2023 BMH Bengkulu Dukung Pembangunan Masjid Panti Asuhan Kapahiang

    BENGKULU - Memasuki tahun 2023 ini Lembaga Amil Zakat...
    Advertisementspot_imgspot_img

    Menasional

    Riset HCC Ungkap 56 Persen Ibu Indonesia tak Bahagia saat Menyusui Anak

    JAKARTA -- Sebanyak 6 dari 10 ibu menyusui di Indonesia ternyata tidak bahagia ketika memberikan air susu ibu (ASI) kepada anak. Hal ini ditemukan...

    Pulau Rempang dan Pengembang

    KASUS Rempang masih jadi pembicaraan di ruang publik. Terbaru Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, ikut memberikan opininya. "Selama...

    Forum Webinar LIDMI Soroti Wacana Perpanjangan Masa Jabatan Presiden

    MAKASSAR - Pimpinan Pusat Lingkar Dakwah Mahasiswa Indonesia (PP Lidmi) gelar Webinar Dialog Kebangsaan Nasional dengan tema Dari Perpanjangan Masa Jabatan ke Penundaan Pemilu:...

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini