Advertisement

Semarak Ramadhan Kampung Hijrah Selenggarakan Buka Puasa Bersama

Baca Juga

- Advertisement -
kampung hijrah

TOLITOLI – Warga Kampung Hijrah melaksanakan buka puasa bersama (bukber) yang digelar semarak di Masjid Darul Hijrah Dusun Li’u Dua, Desa Tinigi, Kecamatan Galang, Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah, Jum’at (29/3/2024).

Kegiatan tahunan ini menjadi agenda rutin yang dilaksanakan oleh warga Kampung Hijrah dalam setiap momentum Ramadhan.

Selain buka bersama warga kampung, kegiatan ini juga dirangkaikan dengan tabligh akbar sebagai upaya dalam memaknai malam Nuzulul Qur’an yang mengangkat tema “Raih Kemulian Ramadhan dengan Al-Qur’an”.

- Advertisement -

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Tolitoli KH. Moh. Falatehan, Lc yang dihadirkan sebagai pemateri dalam kesempatan buka puasa tersebut menyampaikan pentingnya umat Islam memahami keberkahan bulan Ramadhan serta berbagai peristiwa penting yang terjadi pada bulan Ramadhan di zaman Rasulullah sallalahualaihi wa sallam.

KH Falatehan menyampaikan, banyak peristiwa penting yang terjadi di bulan Ramadhan dan diabadikan dalam Al-Qur’an, diantara peristiwa itu adalah perang badar. Dimana jumlah umat Islam ketika itu sangat sedikit, namun Allah memberikan kemenagan kepada umat Islam.

“Peristiwa Badar ini sebagai bukti keberkahan Ramadhan sekaligus sebagai bukti bahwa Ramadhan sebagai bulan kemenangan,” kata KH Falatehan.

Selain perang badar, lanjut Falatehan, peristiwa fathu Makkah juga termasuk peristiwa besar yang terjadi di bulan Ramadhan dan jumlah umat Islam ketika itu jauh lebih besar yang mencapai 10.000 muslim yang bergerak dari Madinah menuju Mekkah.

Dai kondang lulusan Al Azhar, Kairo, Mesir ini juga mengatakan bahwa peristiwa besar lainnya adalah diturunkannya Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad SAW pada bulan ramadhan. “Inilah yang menjadi awal mula tonggak perjalanan peradaban mulia,” tukasnya.

kampung hijrah2

Selain itu, dai kharismatik ini menerangkan, turunnya Al-Qur’an menjadikan Ramadhan sebagai bulan terbaik diantara bulan-bulan yang lainnya. Dimana dalam bulan ramadhan, seluruh kebaikan yang dilakukan oleh umat Islam diberikan balasan berlipat ganda oleh Allah Ta’ala.

“Bahkan dijanjiakan satu malam lailatul Qadr yang apabila kita mampu meraihnya, maka kebaikan yang akan diperoleh lebih baik daripada amalan yang dilakukan selama seribu bulan,” tegas Kepala KUA Kecamatan Baolan ini.

Dalam kesempatan yang mulia itu, Ustadz Falatehan mengajak para jamaah untuk bersungguh-sungguh dalam memaksimalkan ibadah di bulan Ramadhan, khususnya di sepuluh terakhir bulan Ramadhan yang banyak sekali mengandung keutamaan agar kita memperoleh pengakuan dari Allah sebagai hamba yang bertakwa.

Ketua panitia pelaksana, Haerudin Sukiman, mengatakan bahwa agenda tahunan ini menjadi momentum penting bagi warga Kampung Hijrah dalam menjalin persaudaraan yang lebih kuat dan harmoni.

“Acara ini sekaligus memberikan kesempatan kepada warga untuk berbgi kebaikan di bulan yang penuh berkah ini,” kata Haerudin.

Tampak para warga berbondong-bondong ke masjid untuk menyiapkan menu berbuka puasa.

“Tua dan muda terlihat begitu kompak dan bersemangat dalam menyiapkan menu terbaiknya meski diguyur hujan yang cukup deras,” lanjut Haerudin yang juga Ketua Pemuda kampung Hijrah Tolitoli. (nas/tol)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Baca Terbaru

Iklan Layanan Masyarakatspot_img

Sayang Dilewatkan

- Banner Advertisement -spot_img