Sinergi BMH dan Yayasan Darul Dakwah Hadirkan 2 RQ di Pinggiran Kota Medan

by Admin

MEDAN – Lembaga Amil Zakat Nasional Baitulmaal Hidayatullah (Laznas BMH) bersinergi dengan Yayasan Darul Dakwah menghadirkan 2 Rumah Qur’an (RQ) di pinggiran Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut).

Kadiv Prodaya BMH Perwakilan Sumut, Andi Lukman Muthalib, mengatakan kehadiran 2 RQ tersebut dalam rangka menguatkan pelayanan dakwah dalam pemberantasan buta aksara Al Quran. Hingga sejauh ini, Lukman menyebutkan, sinergi BMH perwakilan Sumut dengan berbagai elemen telah hadirkan sedikitnya 13 unit RQ di berbagai penjuru.

“Berkat kepercayaan umat, hingga saat ini BMH telah mendirikan 13 unit Rumah Qur’an di wilayah Medan dan Deli Serdang. Pendiriannya ditandai dengan penyerahan mushaf Qur’an, pemasangan papan nama, dan ramah tamah,” kata Lukman dalam keterangannya usai peluncuran 2 RQ di pinggiran Kota Medan, Ahad (16/10/2022)

Rumah Qur’an yang baru saja didirikan itu berlokasi di Kampung Sentosa Barat, Kelurahan Belawan Sicanang, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan. RQ yang kedua berlokasi di Yong Panah, Gang Melur, Kelurahan Labuhan Deli, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan.

Lebih lanjut dituturkan Lukman, selain telah mendirikan 13 unit Rumah Qur’an, BMH pun mensupport belasan Rumah Qur’an lainnya di wilayah Sumatera Utara.

Dia menjelaskan, pendirian dua unit Rumah Qur’an atas kerjasama BMH dan Yayasan Darul Dakwah Medan ini kedepannya tidak hanya menjadi tempat mengaji, namun juga sekaligus menjadi salah satu sarana kegiatan masyarakat dalam berbagi peduli dan kegiaatan sosial lainnya.

“Kebaikan yang dilahirkan dari kepedulian kaum Muslimin melalui syariat zakat dan sedekah terus mengalir, sehingga beragam program yang berdampak luas untuk ummat terus bergulir. Di antaranya melalui program Rumah Quran,” pungkas Lukman.

Sementara itu, berdirinya Rumah Quran ini disambut gembira oleh warga dan anak-anak. Seperti dituturkan oleh Pak Saiful, warga di Kampung Sentosa Barat Belawan Sicanang. Ia mengaku senang atas kehadiran layanan RQ tersebut di kampung mereka.

“Kami sangat senang ada Rumah Qur’an di kampung ini, selama ini anak anak hanya belajar apa adanya. Alhamdulillah, semoga anak semakin semangat belajarnya,” kata Saiful menandaskan.

HALIM MUSTAFA

You may also like

Leave a Comment