News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Kaltim Zoo, Konsep Wisata Hutan Asri

Kaltim Zoo, Konsep Wisata Hutan Asri

KALTIMTODAY -- Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Prof Dwi Nugroho Hidayanto, mengatakan saat ini rencana pembangunan Kaltim Zoo sudah memasuki tahapan pembahasan detail hasil feasibility study (FS), termasuk kesiapan lahan, penetapan lokasi, jenis hewan dan arah pengembangan ke depan.

"Lokasinya yang jelas di Kebun Raya Unmul Samarinda (KRUS) dengan luas lahan sekitar 40 hektare. Kaltim Zoo merupakan satu terobosan pengembangan KRUS sebagai upaya menangkap peluang investasi sektor pariwisata yang mulai mengarah ke back to nature atau wisata alam," ujar Dwi Nugroho, yang juga selaku penanggung jawab pembangunan Kaltim Zoo, belum lama ini.

Dwi menjelaskan konsep pembangunan Kaltim Zoo dibuat berbeda dengan kebun binatang pada umumnya di Indonesia, karena Kaltim Zoo nantinya akan menjual wisata alam dengan daya tarik hutan asri yang masih terdapat di kawasan KRUS.

Selain itu, Kaltim Zoo juga akan mengedepankan aspek sosial dan ibadah. Sebab, dengan keunggulan dan keunikannya, Kaltim Zoo diharapkan juga bisa membuat semua orang merasa senang dengan menikmati hutan pendidikan dan wahana berlibur keluarga.

Dwi mengungkapkan pembangunan Kaltim Zoo rencananya dilakukan melalui sistem kerjasama antara Pemprov Kaltim dengan investor dan pengelola KRUS (Unmul).

"Pemprov akan menyiapkan infrastruktur jalan, pembiayaan FS, pembuatan jalan, pembatas lahan, termasuk penyediaan listrik dan air. Kemudian investor membangun kebutuhan dasar secara keseluruhan dan pengelola KRUS sendiri menyediakan lahan," ungkapnya.

Dwi meyakini dengan konsep rekreasi, edukasi dan konservasi yang akan diusung Kaltim Zoo nantinya akan menarik minat wisatawan lokal, nusantara dan mancanegara.

"Fungsi rekreasi, edukasi dan konservasi yang ditawarkan Kaltim Zoo sangat sesuai dengan konsep pengembangan sektor pariwisata Kaltim ke depan, yang akan menjadi sektor unggulan Kaltim untuk sumber daya alam yang terbarukan," tambahnya. (her/hmsprov).

Foto: Ilustrasi/Fanpop.com

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.