News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Melimpah di Perairan Natuna, 25 Warga Vietnam Ditangkap Saat Curi Ikan

Melimpah di Perairan Natuna, 25 Warga Vietnam Ditangkap Saat Curi Ikan

DITANGKAP: Sejumlah pelaku illegal fishing diamankan aparat (Foto: breakingnews.co.id)

(NASIONAL News) - Kapal Patroli Antasena 7006 Direktorat Polair Baharkam Polri yang diperbantukan untuk mengamankan lokasi Kepri menangkap dua kapal pencuri ikan berbendera Malaysia dengan awak kapal warga Vietnam di Perairan Natuna.

"Penangkapan dikerjakan pada 1 Juli lantas di perairan Natuna. Di dalam dua kapal itu ada 25 orang warga Vietnam yang lakukan aktivitas pencurian ikan," kata Kapolda Kepri Irjen Pol Sam Budigusdian di Pelabuhan Batuampar Batam lansir breakingnews baru baru ini.

Ia menyebutkan dalam satu kapal dengan bobot 180 GT yang di tangkap berisikan 21 orang ABK, sesaat kapal yang lain dengan bobot 120 GT diisi empat orang ABK.

"Kapal itu bersama-sama, jadi ABK satu kapal dapat geser ke kapal beda. Ke-2 kapal keduanya sama berbendera Malaysia walau semua ABK berkewarganegaraan Vietnam," kata dia.

Dari dua kapal itu, kata Sam, juga diamankan sekitaran satu ton ikan beragam type yang disangka hasil penangkapan diperairan Natuna, Propinsi Kepri.

"Modusnya sama, karena lokasi Natuna ikannya melimpah jadi nelayan-nelayan asing masuk ke sana. Gagasan awal kapal akan diserahkan ke petugas PSDKP di Natuna, tetapi karna penuh jadi dibawa ke Batam serta akan diserahkan ke PSDKP Batam," kata dia.

Berdasar pada bukti yang didapat itu, dua kapal itu terbuki dipakai beberapa ABK untuk mengambil ikan di Perairan Natuna hingga akan dipakai Undang-Undang Perikanan.

"Mereka tidak mempunyai izin serta dapat dibuktikan tidak mematuhi Pasal 93 Ayat 2 Jo Pasal 27 Ayat 2 Undang-Undang No. 45 th. 2009 mengenai perubahan UU No. 31 mengenai Perikanan," kata Sam.

Berdasar pada Pasal 27 ayat 2, jadi nahkoda bersama anak buah kapal diancam hukuman paling lama enam tahun penjara dengan denda Rp 20 miliar.

"Kami juga masih tetap akan memahami kenapa kapalnya berbendera Malaysia sesaat semuanya nahkoda berkewarganegaraan Vietnam," kata Sam.

"Apakah itu memanglah benar dari Malaysia atau memakai benderanya saja untuk mengelabuhi petugas Malaysia serta Indonesia," lanjut dia.

Pada sekitaran dua bulan lalu, kapal patroli Mabes Polri juga menangkap delapan kapal asing waktu menangkap ikan di Natuna serta Anambas.

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.